Tips Travelling Dengan Waktu dan Dana Terbatas

February 29, 2016 Admin 0 Comments


Travelling adalah salah satu impian semua orang. Siapa yang tak suka dengan kegiatan satu ini? Tapi sayangnya lagi-lagi kendala biaya menghadang meskipun ternyata banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghematnya. Dalam dunia travelling, tempat menginap dan tiket pesawat adalah yang paling menjadi beban. Apalagi jika travelling ke luar negeri, jika tidak di rencanakan dari awal akan menjadi beban di kemudian hari.

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah menentukan dulu tempat untuk travelling. Ini tidak berlaku untuk anda yang sudah memiliki rencana. Jika ada belum menemukan destinasi yang tepat, coba lihat dulu di negara anda sendiri karena ternyata banyak termpat di sekitar kita yang bisa dijadikan destinasi wisata. Namun jika ingin melangkahkan kaki, pilihlah negara dengan biaya hidup rendah dan tiket yang murah.

Memiliki mata uang dengan nilai tukar rendah memang sedikit membingungkan, namun memilih negara seperti Malaysia, Thailand, atau Korea bisa dijadikan pilihan. Selain kebutuhan hidupnya masih bisa dijangkau, negara tersebut juga cukup aman untuk didatangi bahkan untuk solo traveller. Tips mendapatkan tiket murah juga sudah banyak dibahas di blog lainnya, yaitu memesannya jauh-jauh hari. Meskipun sebenarnya akan lebih tepat jika memesan tiket ketika ada promo karena memesan jauh-jauh hari tak menjanjikan harga yang lebih murah dari promo.

Selanjutnya adalah mencari penginapan murah. Saya sarakan untuk menggunakan web finder penginapan seperti booking.com atau airbnb yang sudah terpercaya. Karena selain sistemnya mudah, anda bisa memesan tanpa uang muka terlebih dahulu. Meskipun untuk pengguna kartu kredit akan ada biaya cancel jika anda meng cancelnya di kemudian hari. Booking.com lebih memiliki banyak pilihan tempat tinggal seperti hostel, hotel, apartmen, dan lain sebagainya. Namun untuk airbnb anda akan lebih di rekomendasikan ke guest house yang akan memberika anda pengalaman lebih menyenangkan tinggal di negara tujuan.

Tips selanjutnya adalah merencanakan kemana saja tujuan anda akan pergi. Jangan malas untuk melihat peta dan jalur transportasi karena ini akan sangat membatu anda dalam menghemat uang. Meskipun anda menggunakan jasa privat guide, akan lebih baik jika anda setidaknya memiliki itienary sendiri. Seperti contohnya ketika anda pergi ke Samcheongdong, Seoul, Korea, anda juga sudah bisa langsung datang untuk melihat King Sejong, Gwanghamun, Blue House, dan tentu saja sungai yang mengalir indah disana. Ini akan membuat anda menghemat uang transportasi karena tempatnya yang berada di satu arena. Berjalan dari Hanok Village sampai ke King Sejong cukup menarik kok. 

Berbicara tentang transportasi, anda juga harus memiliki pengetahuan dasar tentang setiap step transportasi yang bisa anda gunakan untuk meraih tempat tujuan. Jika ada yang lebih murah, pilihlah selama itu aman dan nyaman. Contohnya seperti ketika anda akan pergi ke Busan dari Seoul, ada beberapa alternatif yaitu kereta dan bus. Dari tiga kereta yang ditawarkan serta harga tiket bus, bus memiliki harga yang paling murah. Meskipun waktunya lebih lama yaitu sekitar 4 jam (hampir sama dengan Semaul) tapi tetap nyaman daripada KTX yang harganya hampir 3 kali lipat meskipun hanya butuh waktu sekitar 2 jam saja. Satu lagi, jika ada masih bisa membawa barang dengan kendaraan umum, hindarilah menggunakan taxi atau mobil sewaan. Ini akan sangat membantu.

Selanjutnya adalah makanan, jika dana anda minim carilah penginapan yang setidaknya memberikan sarapan untuk anda meskipun hanya nasi atau sereal. Ini akan sangat bermafaat untuk menghemat dana. Sedangkan untuk daily, jangan takut meninggalkan makanan utama dengan jajanan aeka rupa khas negara setempat yang terkadang juga bisa sangat mengenyangkan. Ingat, jangan terjebak dengan restoran dengan harga yang di hidden karena mereka bisa saja menipu anda.

Tips selanjutnya yang kadang cukup diabaikan adalah oleh-oleh. Meskipun membeli oleh-oleh adalah kewajiban tapi cobalah mengesampingkan hal ini. Anda menyadarinya atau tidak, oleh-oleh adalah sesuatu yang akan menyita banyak pengeluaran anda. Jika anda memang ingin membeli oleh-oleh, carilah yang khas dan unik serta tentu saja murah. Kartu pos dan barang khas seperti sumpit dari Korea atau teh instant asal Thailand. Jangan cari oleh oleh yang akan memberatkan bagasi anda seperti baju karena selain akan banyak ditemukan di negara anda, harganya juga terlampau mahal.

Semoga bermanfaat